Ragam Kue Natal

Kue Kering Harus Diolah Pakai Terigu Protein Rendah, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Kamis, 12 Des 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Kue Natal
Jakarta - Untuk membuat kue kering yang renyah tak boleh asal menggunakan tepung terigu. Kue kering biasanya diolah menggunakan terigu protein rendah, kenapa ya?

Sebelum mulai membuat kue kering sendiri, kenali dulu ciri dan karakter bahannya. Salah satu bahan utamanya adalah tepung terigu yang mendominasi komposisi. Pilih tepung terigu protein rendah ya!

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri dan karakter tepung terigu protein rendah.

1. Kandungan protein rendah
Kue Kering Harus Diolah Pakai Terigu Protein Rendah, Ini AlasannyaFoto: iStock

Sesuai dengan namanya, tepung terigu ini memiliki kadar protein yang rendah. Tepung terigu jenis ini mengandung protein sebanyak 8-11 persen. Kandungan protein yang rendah ini menentukan tekstur makanan yang diolah.

Di atas tepung terigu protein rendah, ada terigu protein sedang yang mengandung 11-12 persen protein. Dan yang paling tinggi kandungan proteinnya adalah terigu protein tinggi yang mengandung 13-14 persen protein. Semakin tinggi kandungan protein dalam terigu maka semakin kenyal makanan yang dihasilkan.

Baca juga : Memilih Jenis Tepung Terigu dan Mentega Terbaik untuk Kue Kering

2. Memiliki daya serap air yang rendah
Terigu protein rendah memiliki sifat berbanding terbalik dengan terigu protein tinggi. Terigu protein rendah cenderung sulit menyerap air dan gula, inilah alasan kenapa terigu jenis ini dijadikan bahan baku untuk membuat kue kering yang memang menggunakan sedikit cairan.

Kalaupun diuleni dengan banyak air, adonan dari tepung ini tidak akan kalis. Kalau kalis maka kue kering tidak akan bisa renyah dan cenderung melempem.

3. Membuat makanan renyah
Kue Kering Harus Diolah Pakai Terigu Protein Rendah, Ini AlasannyaFoto: iStock

Kandungan protein yang rendah membuat terigu ini sedikit menghasilkan gluten. Makanan yang diolah dengan terigu rendah protein akan memiliki tekstur renyah.

Masyarakat menggunakan terigu ini sebagai bahan baku untuk mengolah kue kering, biskuit dan gorengan.

4. Membuat makanan lebih awet
Karena memiliki daya serap air yang rendah maka makanan yang diolah menggunakan terigu rendah protein ini memiliki masa simpan yang lama. Makanan cenderung kering sehingga tidak mudah berjamur.

Sebut saja misalnya biskuit atau kue kering yang bisa bertahan hingga lebih dari satu bulan. Tentu saja diperlukan teknik pengolahan dan penyimpanan yang baik agar makanan bisa awet dan tak berjamur.

5. Cocok untuk membuat kue kering dan biskuit
Kue Kering Harus Diolah Pakai Terigu Protein Rendah, Ini AlasannyaFoto: iStock

Tepung terigu protein rendah paling direkomendasikan untuk mengolah aneka biskuit dan kue kering. Tapi ada juga yang memanfaatkan terigu ini sebagai bahan untuk mengolah aneka cake.

Tepung terigu protein rendah bisa digunakan sendiri ataupun dijadikan campuran terigu protein sedang ataupun tepung maizena. Bukan hanya kue, tepung rendah protein juga diandalkan dalam proses pembuatan aneka kerupuk.

Baca juga : Sebelum Membuat Kue, Kenali Dulu Jenis Tepung Terigu Ini

Simak Video "Resep Christmas Fruitcake ala Chef Narto Bayu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Ragam Kue Natal
两性色午夜视频