20 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Tasya Awlia - detikFood Minggu, 29 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa/20 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba Foto: Istimewa/20 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba
Jakarta - Bandung jadi salah satu destinasi wisata para pelancong untuk menikmati pergantian tahun 2019 ke 2020. Selain pemandangan, ada juga beragam kuliner enak.

Bandung surganya kuliner sejak dulu. Dari makanan tradisional, tempo dulu hingga kekinian ada di kota Bandung. Varian rasa dan harganya juga sangat beragam. Tak jarang tren makanan kekinian berasal dari kota kembang ini. Dijamin ketagihan menyantapnya.

Berikut 20 Kuliner Khas Bandung:


1. Seblak


Seblak merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah. Makanan ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah dan isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur. Ada banyak varian seblak seperti seblak ceker, seblak telur, dan masih banyak lagi.


2. Mie Kocok


Mie kocok memiliki rasa yang memanjakan lidah dengan bumbu rempah, serta kaldunya yang menggugah selera. Sementara isiannya, seperti mie kuning, potongan kikil dan sum-sum, serta daun seledri dan bawang goreng menjadi penambah rasa.


3. Surabi


Kuliner Khas Bandung berikutnya Surabi. Makanan ini memiliki beragam rasa dan topping. Salah satu surabi yang menjadi favorit adalah surabi oncom.


4. Bandros


Bandros merupakan camilan khas Bandung yang banyak diminati. Bandros merupakan kue dari campuran tepung beras dan santan, berbentuk seperti pukis dengan rasa gurih serta taburan gula pasir yang menambah cita rasa.




5. Es Goyobod


Es goyobod minuman khas Bandung yang menjadi pilihan untuk mengatasi dahaga di saat cuaca Bandung mulai terik. Es goyobod berisi adonan sagu aren yang kenyal dengan kuah santan, susu kental manis dan serutan es. Alpukat, roti tawar peuyeum, pacar cina, kolang kaling hingga kelapa muda menjadi isian es goyobod.

6. Cuanki

Cuanki mirip dengan bakso malang, satu poris cuanki berisi, aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Tambahan seledri dan daun bawang menjadikan cuanki lebih gurih dan nikmat.

7. Karedok

Karedok juga menjadi makanan khas Bandung. Karedok berisi sayur-sayuran seperti toge, kol, kacang panjang, dan mentimun. Bumbu kacang yang diaduk bersama dengan sayuran membuat rasanya nikmat.

8. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom merupakan nasi yang ditumbuk dan dicampur dengan oncom. Lauk tambahannya seperti ayam, tahu, tempe, serta sambal untuk menggugah selera makan.

9. Tahu Susu

Pecinta tahu susu bisa mendapatkannya di Lembang, Bandung. Bisa dijadikan juga sebagai oleh-oleh, rasanya yang gurih dan teksturnya yang lemut membuat tahu susu menjadi cemilan favorit.

10. Pisang Bollen

Pisang boleh khas Bandung yang terbuat dari pisang, tepung, telur, dan mentega. Ditemani dengan teh hangat sangat pas untuk menikmati pisang bollen.

Selanjutnya
Halaman
1 2
两性色午夜视频