Cara Membuat dan Bumbu Pindang Bandeng yang Gurih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 24 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: Instagram @kembangseruniresto Foto: Instagram @kembangseruniresto
FOKUS BERITA Kuliner Imlek
Jakarta -

Ikan bandeng jadi salah satu sajian wajib saat imlek. Beragam olahan ikan bandeng dibuat untuk suguhan di hari istimewa. Inilah bumbu pindang bandeng yang enak.

Ikan bandeng yang populer dengan sebutan 'milk fish' merupakan salah satu jenis ikan yang diternakkan di tambak. Dagingnya tebal dengan rasa gurih seperti susu, karenanya disebut 'milk fish'. Meskipun banyak duri, ikan ini tetap digemari banyak orang.

Di Jakarta dan Tangerang, pindang bandeng merupakan sajian ikan yang wajib dibuat saat imlek. Biasanya dibuat oleh menantu untuk diberikan pada besan. Karena itu mereka selalu memilih ikan bandeng yang segar, berukuran besar dan disajikan utuh. Ini karena ikan dalam bahasa Mandarin berarti 'yu' yang merujuk pada kehidupan dan keberuntungan.

Cara Membuat dan Bumbu Pindang Bandeng yang Gurih EnakFoto: iStock



Beberapa hal ini perlu diperhatikan jika akan membuat pindang bandeng yang enak dan gurih.

1. Memilih Ikan Bandeng

Saat ini harga ikan bandeng di pasar naik, jika biasanya Rp 60.000 kini menjadi Rp. 80.000 per kilogram. Jika ingin diolah jadi pindang bandeng imlek sebaiknya pilih ikan bandeng dengan berat minimal 1 kilogram.

Ikan bandeng betina dengan warna sisik teras dan perut gendut lebih cocok dibuat pindang bandeng. Karena lemak di bagian perut lebih tebal dan rasanya lebih gurih. Sementara ikan bandeng jantan yang lebih ramping dengan warna sisik punggung abu-abu tua dagingnya lebih tipis.

Pilih ikan bandeng paling segar. Sisiknya mengilap dan masih menempel kuat pada badannya. Sementara matanya bening dengan aroma yang segar khas ikan. Insangnya masih segar kemerahan.

Cara Membuat dan Bumbu Pindang Bandeng yang Gurih EnakPindang bandeng Betawi, kuahnya asam segar sedikit manis. Foto: Instagram @dahliahumar



2. Pindang Bandeng Betawi

Pindang bandeng ada yang kuahnya kecokelatan yang rasanya manis, asam dan segar. Ada juga pindang bandeng kuning dengan kuah bening kekuningan. Rasanya gurih, asam menyegarkan dengan aroma kunyit.

Untuk membuat pindang bandeng Betawi yang akan jadi suguhan imlek, ikan bandeng dibiarkan utuh, hanya dibuang isi perutnya saja. Sisiknya ada yang dibuang tetapi ada juga yang dibiarkan utuh. Olahan ikan bandeng ini merupakan adaptasi kuliner China dan lokal.

Untuk bumbu pindang bandeng Betawi, jika akan memasak 1 ekor ikan bandeng (800 g)siapkan:

7 butir bawang merah utuh, bakar
3 siung bawang putih, bakar
5 buah cabai merah besar, sayat membujur
3 buah cabai hijau, sayat membujur
1 cm lengkuas
3 cm kunyit, iris serong tipis
2 lembar daun salam
10 buah belimbing sayur/tomat hijau, potong kasar
150 ml kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Selanjutnya, didihkan air secukupnya dalam wajan, masukkan bumbu dan didihkan. Masukkan ikan bandeng utuh. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan ikan bandeng matang. Jika suka bisa ditambahkan tomat merah yang dipotong-potong.

Cara Membuat dan Bumbu Pindang Bandeng yang Gurih EnakPindang bandeng kuning ini memakai kunyit untuk bumbunya. Foto: Instagram @lindawuisan



3. Pindang Bandeng Kuning

Pindang bandeng kuning sering disebut sebagai pindang serani. Dikenal di daerah Sumatra sebagai olahan ikan berkuah asam segar. Cara membuat pindang bandeng serani tak jauh berbeda dengan pindang bandeng Betawi. Berikut ini bumbu pindang bandeng kuning, untuk 1 ekor ikan bandeng (800 g).

3 buah cabai merah besar, potong kasar
3 buah cabai hijau besar, potong kasar
10 buah cabai rawit merah
5 buah tomat muda, potong-potong
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas
Haluskan:
5 siung bawang putih
3 cm kunyit
2 cm jahe
1/2 sdt merica butiran
2 sdt garam

Didihkan air secukupnya, masukkan bumbu halus dan didihkan. Masukkan ikan bandeng, cabai, tomat muda, daun kunyit, daun salam, serai dan lengkuas. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.

4. Penyajian

Jika akan disajikan atau dibuat untuk hantaran imlek sebaiknya hangatkan kembali. Selanjutnya, taruh bandeng dalam piring oval cekung, Tuangi kuah berikut isiannya. Tambahkan hiasan irisan tomat dan daun peterseli agar lebih cantik tampilannya.



Simak Video "Nikmati Alam Sambil Makan Durian di Warso Farm di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Imlek
两性色午夜视频