Virus Corona Disebut Bisa Disebarkan Dari Konsumsi Sup Kelelawar

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 24 Jan 2020 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -

Virus Corona yang merebak di Wuhan, China, kini sudah menjadi teror di setiap negara. Banyak yang percaya virus ini bisa disebabkan dari konsumsi sup kelelawar yang jadi viral.

Setidaknya ada lebih dari 25 korban jiwa yang sudah terkonfirmasi positif meninggal karena virus corona. Ratusan orang yang terinfeksi virus mematikan ini. Virus ini hampir mirip seperti virus SARS yang pernah merebak di tahun 2002-2003. Dengan gejala demam tinggi hingga kesulitan bernapas.

Virus Corona Disebut Bisa Disebarkan Dari Konsumsi Sup KelelawarFoto: Istimewa


Baca Juga: Populer Jadi Makanan Enak, Daging Kelelawar Laris Manis di 5 Negara Ini


Dilansir dari Mirror UK (24/01), beberapa ahli dan peneliti menemukan, bahwa bisa saja kelelawar menjadi alat atau tempat virus corona untuk menyebar luas dan menjangkiti manusia. Hal ini diperkuat setelah adanya video berisi orang-orang di kota Wuhan, yang disebut sebagai tempat pertama virus corona berada, menyantap sup kelelawar utuh.

Dalam video viral tersebut, terlihat satu ekor utuh kelelawar yang sudah direbus, berada di dalam mangkuk berisi kuah sup sebelum disantap habis oleh seorang wanita. Video itu langsung membuat banyak orang khawatir.

"Virus corona dari Wuhan, bisa jadi disebarkan oleh kelelawar. Namun antara kelelawar dan manusia, mungkin saja ada efek yang belum diketahui," tulis salah satu ilmuwan untuk South China Morning Post.

Virus Corona Disebut Bisa Disebarkan Dari Konsumsi Sup KelelawarFoto: Istimewa


Sementara sup kelelawar sendiri mulai dilarang untuk dimakan di beberapa daerah, tak hanya di China atau di kota Wuhan saja, tapi juga di berbagai negara. Salah satunya pemerintah Inggris yang melarang warganya untuk bepergian ke Wuhan.

Seperti yang diketahui sebelumnya, sup kelelawar ini merupakan hidangan yang populer di Asia, terutama di China. Banyak orang yang mengonsumsi daging kelelawar, karena dinilai punya rasa yang enak dan lebih gurih dari daging unggas lainnya.

Virus Corona Disebut Bisa Disebarkan Dari Konsumsi Sup KelelawarFoto: Istimewa


Pemerintah China sendiri sudah mengambil langkah serius tentang hal ini. Mereka menutup pasar seafood Huanan di Wuhan, yang menjual aneka hewan liar seperti kelelawar, koala, tikus, sampai burung yang dipercaya menjadi tempat virus corona bersarang. Mereka juga mengeluarkan peringatan untuk tidak memakan daging hewan liar tersebut.

Baca Juga: Heboh Virus Corona Wuhan, Pasar Ini Jual Koala dan Tikus untuk Dimakan



Simak Video "Resto Ini Sajikan Masakan China Halal, Ada Mie Tarik Sapi Enak!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
两性色午夜视频